Friday, August 14, 2015

Sate Bulayak, Sate dengan Lontong Khas Lombok

Kuliner khas Lombok yang lebih menonjolkan rasa pedas serta santan memanglah menggugah selera siapapun. Tidak kecuali makanan yang bakal kami ulas kesempatan ini, sate bulayak. Makanan khas yang satu ini pantas Anda cobalah saat bertandang ke Pulau Lombok. Untuk Anda yang penasaran, tersebut penampakan sate bulayak khas Lombok ini.

makanan khas lombok, kuliner khas lombok, sate bulayak mataram, resep sate bulayak, tempat sate bulayak, sate bulayak khas lombok, sate bulayak khas mataram

Tak jauh tidak sama dengan sate biasanya, sate bulayak juga terbagi dalam potongan-potongan daging kecil yang ditusuk serta dibakar dan digabungkan dengan bumbu kacang serta potongan lontong. Uniknya, lontong yang di sajikan berbarengan sate adalah lontong khas Lombok yang dimaksud Bulayak. Lontong ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan hingga memberi rasa lembut serta gurih. Bentuk Bulayak juga tidak sama dengan lontong biasanya, di mana bulayak berupa lebih kecil serta memanjang dan dibungkus dengan daun aren, bukanlah dengan daun pisang seperti lontong umumnya. Konon, bungkus daun aren ini memberi cita rasa yang khas dari Bulayak tersebut.

makanan khas lombok, kuliner khas lombok, sate bulayak mataram, resep sate bulayak, tempat sate bulayak, sate bulayak khas lombok, sate bulayak khas mataram

Resep bumbu sate Bulayak khas Lombok ini terbagi dalam kacang tanah sangrai yang ditumbuk lantas di rebus dengan santan serta beragam bumbu yang lain. Terasa sendiri serupa seperti bumbu kari dengan lebih menonjolkan rasa pedas yang disebut ciri khas kuliner Lombok.

Tak sulit untuk mencari masakan khas Lombok Sate Bulayak ini. Anda dapat temukan penjual yang menjual sate bulayak ini di seputar objek-objek wisata terutama yang telah ramai seperti Pantai Kuta Lombok. Warung-warung di Kota Mataran juga telah banyak yang menghidangkan sate bulayak juga sebagai menu intinya. Salah satu tempat yang paling populer yaitu di lokasi nongkrong lesehan yang ada di taman kota selama jalan Udayana sampai Sudirman Kota Mataram.

1 comment: